Sabtu, 17 April 2010

SILOGISME

A. Silogisme kategorial
Contoh
1. - Semua siswa yang duduk di kelas 3 SMU akan mengikuti ujian nasional
- Ani siswa kelas 3 SMU
- Ani akan mengikuti ujian Nasional
2. - Semua mahasiswa kelas 3EB01 mengikuti pratikum myob
- Ani mahasiswa kelas 3EB01
- Ani mengikuti pratikum myob
3. - Semua penyanyi memiliki suara yang merdu
- Ani seorang penyanyi
- Ani memiliki suara yang merdu
B Silogisme hipotesis
Contoh
1. - Jika tidak membawa KTM maka saya tidak boleh meminjam buku
- Saya tidak membawa KTM
- Saya tidak boleh meminjam buku


2. - Jika ayah bekerja maka ayah mendapatkan uang
- Ayah bekerja
- Ayah mendapatkan uang
3. - Jika saya mempunyai uang maka saya akan membeli buku
- saya mempunyai uang
- saya akan membeli buku

B. Silogisme alternatif
Contoh
1. – Tomat adalah buah atau sayuran
- Tomat adalah buah
– Tomat bukan sayuran
2. – Eko patrio seorang artis atau politikus
– Eko patrio seorang artis
– Eko patrio bukan politikus
3. – Taufik Hidayat seorang artis atau atlet bulu tangkis
– Taufik hidayat seorang atlet bulu tangkis
– Taufik hidayat bukan artis

C. Silogisme entimen
Contoh
1. - Ani seorang siswa kelas 3 SMU, Ani akan mengikuti ujian nasional
2. - Ovi seorang sarjana, Ovi orang yang cerdas
3. - Ani seorang penyanyi, Ani memiliki suara yang merdu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar