Selasa, 01 Juni 2010

BAB III TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN

3.1 Objek Penelitian
Objek dari penelitian ini adalah sistem informasi akuntansi penerimaan kas dari pasien rawat inap pada Rumah Sakit Hasanah Graha Afiah (HGA) yang terletak di JL. Raden Saleh No.42 Depok 16420. Untuk lebih mengenal objek penelitian ini, maka penulis akan menguraikan secara singkat sejarah perusahaan, visi, misi, strategi perusahaan dan struktur organisasi perusahaan.
3.1.1 Sejarah Singkat Perusahaan
Rumah Sakit Hasanah Graha Afiah (RS HGA) adalah sebuah rumah sakit swasta yang dikelola oleh PT Hasanah Graha Afiah yang didirikan pada tanggal 26 Juni 2002 berdasarkan akte notaris Ny. Ismiati Dwi Rahayu SH Nomor 16 yang disetujui oleh Menteri Kehakiman berdasarkan Surat Keputusan No. C26251 HT.01.01 TH 2003 tanggal 6 November. Rumah sakit ini berawal dari sebuah Rumah Bersalin (Surat Izin Dinkes Kota Depok No. 445.5/1327/VIII-Yankes; tanggal 9 Agustus 2004) dan Balai Pengobatan Umum (Surat Izin Dinkes Kota Depok No. 445/1326/VIII-Yankes; tanggal 9 Agustus 2004) dengan pelayanan dokter umum 24 jam, poli kebidanan dan poli anak. Namun pada perkembangannya para Komisaris PT. Hasanah Graha Afiah: dr. Maman Hilman, Sp.OG; dr. Huda Hilman Sp.A; Bp. Salim Alatas dan Bp Kazim Salim sepakat untuk mengubah status operasionalnya menjadi Rumah Sakit Ibu dan Anak dan mendapatkan izin operasional sementara dari Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Barat No. YM.02.04.3.5.2310 pada tanggal 9 Januari 2006, pada tahun 2008 bulan Agustus mendapat izin smentara menjadi Rumah Sakit Umum.


3.1.2 VISI & MISI PERUSAHAAN
Berdirinya suatu perusahaan pasti memiliki suatu tujuan yang merupakan suatu titik tolak agi segala pemikiran dalam suatu perusahaan. Dari tujuan tersebut maka dapat dilihat suatu arah atu cara suatu perusahaan untuk mengukur tingkat efisiensi dan efektivitas kegiatan perusahaan .
3.1.2.1 Visi Rumah Sakit Hasanah Graha Afiah
Menjadikan RS Hasanah Graha Afiah sebagai rumah sakit andalan keluarga Kota Depok dan sekitarnya dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pasien dan keluarganya dengan harga yang terjangkau.”
3.1.2.2 Misi Rumah Sakit Hasanah Graha Afiah adalah:
1. Memberikan pelayanan yang menyeluruh bagi perawatan ibu dan anak secara profesional dan bertanggung jawab
2. Memberikan pelayanan yang mengutamakan mutu dan kepuasan pelanggan
3. Memberdayakan SDM secara berkesinambungan sebagai tulang punggung pelayanan dan mitra yang dapat diandalkan
4. Menciptakan suasana kerja yang nyaman, bersemangat, disiplin, bertanggungjawab dan solid diantara keluarga besar RS HGA dengan menerapkan manajemen yang efisien, efektif, mandiri dan bermutu untuk kemajuan bersama.
3.1.3 Strategi Rumah Sakit Hasanah Graha Afiah
1. Peningkatan mutu sumber daya manusia
2. Peningkatan mutu pelayanan kesehatan
3. Pemerataan jangkauan pelayanan kesehatan yang terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat

3.1.4 Struktur Organisasi Perusahaan
RS HGA dipimpin oleh seorang Direktur. Dalam operasionalnya Direktur dibantu enam orang Manajer : Manajer Pelayan Medis, Manajer Penunjang Medis, Manajer Pelayanan Umum, Manajer Sumber Daya Manusia, Manajer Marketing & Sistem Informasi, Manajer Akuntansi & Keuangan Serta Manajer Keperawatan. KOMITE MEDIS membantu manajemen dalam menentukan kebijakan medis. Masing-masing Manajer dibantu oleh unit-unit teknis sesuai dengan fungsi organisasi yang sudah ditetapkan (tergambar dalam struktur organisasi).
1. Direktur
Direktur rumah sakit HGA mempunyai tugas untuk memimpin, meyusun kebijaksanaan, membina pelaksanaan, serta mengkoordinasi dan mengawasi pelaksanaan tugas rumah sakit sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2. Manajer pelayan medis
Tugas manajer pelayan medis sebagai berikut :
a. Mengawasi kegiatan – kegiatan dibidang medis.
b. Menyusun laporan pertanggung jawaban terhadap penyelenggaraan kesehatan.
c. Menyusun kebutuhan pelayanan medis.

3. Manajer penunjang medis
Tugas manajer penunjang medis sebagai berikut :
a. Mengawasi kegiatan – kegiatan penunjang medis.
b. Kegiatan pelayanan penunjang dan menjamin terlaksananya kegiatan peningkatan mutu berkelanjutan, pelaksanaan kegiatan kebijakan manajerial tentang layanan penunjang

4. Manajer pelayanan umum
Manajer pelayanan umum memiliki tugas untuk melakukan pelaksanaan dan pengawasan urusan umum.
5. Manajer sumber Daya Manusia
Tugas manajer Sumber Daya Manusia sebagai berikut :
a. Melakukan pengawasan terhadap kinerja karyawan.
b. Melakukan pengkajian dan pengembangan terhadap sumber daya manusia.
c. Melakukan pendidikan dan pelatihan

6. Manajer marketing & sistem informasi
a. Melakukan pengumpulan dan pengelolaan data
b. Melakukan pengelolaan dan pengembangan sisitem informasi manajemen.

7. Manajer akuntansi & keuangan
Tugas manajer akuntansi & keuangan
a. Membuat dan mengumpulkan bukti – bukti transaksi sebagai dasar dibuatnya laporan kuangan.
b. Menghitung biaya-biaya yang dikeluarkan selama produksi.
c. Membuat anggaran penerimaan kas dan pengeluaran kas.




Gambar 3.1
STRUKTUR ORGANISASI RUMAH SAKIT HGA


3.1.5 FASILITAS PELAYANAN
RS HGA mempunyai fasilitas dan peralatan dasar untuk memenuhi pelayanan yang meliputi:
1. Pelayanan Gawat Darurat dan Ambulans
2. Pelayanan Rawat Jalan
3. Pelayanan Rawat Inap
4. Pelayanan Penunjang Medis

3.2 Metode Penelitian
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan studi kasus, yaitu meneliti salah satu masalah dalam perusahaan kemudian dibandingkan dengan teoi yang ada.
Dalam melakukan tinjauan penulis menggunakan analisis deskriptif.
’’Metode Deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa masa sekarang’’(Moh. Nazir, 2003:54).

3.2.1 Teknik Pengumpula Data
Teknik pegumpulan data yang dilakukan yaitu:
1. Penelitian lapangan
a. Observasi
Penulis mendatangi Rumah Sakit Hasanah Graha Afiah dan mengamati secara lagsung aktivitas yang dilkukan Rumah Sakit Hasanah Graha Afiah.
b. Wawancara
Penulis mengajukan beberapa pertanyaan dan wawancara secara singkat dengan beberapa personil Rumah Sakit Hasanah Graha Afiah guna memperoleh data primer berupa hasil penelitian mengenai sisem informasi akuntansi Rumah Sakit Hasanah Graha Afiah.
2. Studi kepustakaan (Library Research)
Penulis memperoleh data yang bersifat teoritis dengan cara mempelajari buku buku maupun literatur – litratur serta bahan – bahan lain yang berhubungan dan relevan dengan pokok bahasan penulisan ilmiah ini.

1 komentar: