Selasa, 01 Juni 2010

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Pada era globalisasi sekarang ini, perkembangan dan kemajuan diberbagai bidang membawa dampak yang luas dalam semua aspek kehidupan. Tidak terkecuali dalam bidang kesehatan. Dengan peningkatan taraf hidup (sosial ekonomi) masyarakat yang disertai dengan kemajuan teknologi dan meningkatnya ilmu pengetahuan terutama dibidang kedokteran menyebabkan tuntutan masyarakat akan kuantitas dan kualitas dari pelayanan kesehatan di Rumah sakit semakin besar. Untuk itu Rumah sakit harus mampu memenuhi tuntutan masyarakat tersebut.
Rumah sakit sebagai badan usaha yang memiliki fungsi sosial (nirlaba) tetap membutuhkan akuntansi untuk pencatatan atas aktiva yang dimiliki dan kegiatan operasional yang dilaksanakannya. Salah satu faktor yang dapat memajukan atau mengembangkan perusahaan adalah sistem informasi akuntansi yang digunakan, Sistem informasi akuntansi yang andal sangat diperlukan dalam memelihara dan menjaga aset yang dimiliki oleh suatu badan usaha, Oleh karena itu perusahaan mempunyai cara tersendiri untuk meningkatkan kualitas sistem informasi akuntansinya.
Kebutuhan akan informasi keuangan pada saat ini sangat penting dalam semua kegiatan, salah satunya adalah kegiatan bisnis. Manfaat dari informasi keuangan yang didapatkan untuk kegiatan bisnis adalah sebagai dasar dari pengambilan keputusan dengan adanya sistem informasi akuntansi, penyajian informasi keuangan yang sangat dibutuhkan tersebut bisa dengan cepat di dapat, tepat waktu, akurat, dan relevan.
Peranan sistem informasi akuntansi sangat besar bagi perusahaan karena merubah dari pencatatan transaksi yang “kurang tertib” menjadi pencatatan yang “sistemik” (akuntabel). Sistem informasi akuntansi dapat merepresentasikan semua informasi yang bersifat keuangan selama perusahaan tersebut berjalan. Penggunaan bagan alur berupa flowcart dalam merancang sistem informasi sangat diperlukan sebagai alat bantu dasar dalam membangun sistem informasi akuntansi sebuah perusahaan.
Hal - hal tersebut diatas perlu menjadi perhatian Rumah Sakit Hasanah Graha Afiah sebagai pelayan kesehatan masyarakat yang telah mengabdi sejak tahun 2002. Sistem pencatatan akuntansi Penerimaan kas dari pasien rawat inap harus dilaksanakan secara efektif dan efisien agar tidak terjadi “penyelewengan”. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem yang memadai untuk dapat mengawasi seluruh proses penerimaan kas dari pasien rawat inap
Berdasarkan dari uraian- uraian sebelumnya dapat kita ketahui tentang betapa pentingnya sistem informasi akuntansi bagi sebuah perusahaan. Oleh karena itu dalam penulisan ilmiah ini penulis tertarik untuk mengangkat masalah tersebut dengan mengambil judul “ SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN KAS DARI PASIEN RAWAT INAP PADA RUMAH SAKIT HASANAH GRAHA AFIAH ”

1.2 Rumusan Masalah
Adapun pokok permasalahan yang menjadi rumusan oleh penulis dalam penulisan ilmiah ini adalah :
1. Bagaimana Sistem Informasi Akuntansi penerimaan kas yang diterapkan oleh Rumah sakit Hasanah Graha Afiah?
2. Bagaimana perlakuan akuntansi untuk pencatatan transaksi penerimaan kas pasien rawat inap model non panel ?
3. Bagaimana perlakukan akuntansi untuk pencatatan transaksi penerimaan kas dari pasien rawat inap model panel ?

1.3 Batasan Masalah
Dalam penulisan ini penulis membatasi permasalahan pada
1. Sistem Informasi Akuntansi penerimaan kas pasien rawat inap model panel.
2. Sistem Informasi Akuntansi penerimaan kas pasien rawat inap model non panel.
3. Dengan menggunakan bagan alir dokumen (flowchart).

1.4 Tujuan Penelitian
Adapun maksud dan tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah :
1. Untuk mengetahui sistem Informasi Akuntansi penerimaan kas yang digunakan oleh Rumah Sakit Hasanah Graha Afiah.
2. Ingin mengetahui perlakuan akuntansi untuk transaksi penerimaan kas dari pasien rawat inap.

1.5 Manfaat Penelitian
Melalui hasil – hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat yang berguna bagi :
1. Bagi penulis
Menambah wawasan serta pengetahuan dalam mendalami perlakuan akuntansi untuk transaksi penerimaan kas dari pasien rawat inap, serta menambah pemahaman tentang sistem informasi akuntansi.
2. Bagi Rumah sakit
Penulisan ilmiah ini diharapkan dapat berguna dan bermanfaat bagi Rumah sakit sebagai masukan atau rujukan dalam menentukan sistem inforrmasi akuntansi dan perlakuan akuntansi berdasarkan PSAK.

1.6 Metode Penelitian
Untuk memperoleh data dan informasi yang dibutuhkan dalam penyusunan penulisan ilmiah ini, penulis menggunakan metode :
1. Penelitian lapangan ( Field Research)
Penelitian lapangan dilakukan guna memperoleh data langsung dari objek yang dipilih, mengadakan pengamatan dengan menganalisis objek secara langsung serta mengadakan wawancara dengan pihak manajemen keuangan untuk mendapatkan data yang terkait dengan penulisan ilmiah ini.
2. Penelitian Kepustakaan (Library Research)
Penulis memperoleh data yang bersifat teoritis dengan cara mempelajari buku buku maupaun literatur – litratur serta bahan – bahan lain yang berhubungan dan relevan dengan pokok bahasan penulisan ilmiah ini.

1.7 Sumber Data
Data yang digunakan dalam penyusunan penulisan ilmiah ini adalah :
1. Data Primer
Adalah data yang dikumpulkan sendiri langsung melalui objeknya. Data tersebut hanya terbatas dan untuk memperolehnya penulis melakukan riset atau penelitian secara langsung ke Rumah sakit , serta mengadakan wawancara kepada pihak manajemen Rumah sakit.
2. Data sekunder
Adalah data yang diperoleh dari sumber lain diluar data primer seperti buku – buku, diktat – diktat, bahan – bahan lain yang relevan dengan topik penulisan ilmiah.

1.8 Sistematka Penulisan
Penulisan ilmiah ini disajikan dalam lima bab, secara garis besar berisi hal – hal sebagai berikut:
BAB I : PENDAHULUAN
Bab ini menggunakan latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, sumber data, dan sistematika penulisan.
BAB II : LANDASAN TEORI
Bab ini menggunakan tentang dasar – dasar teori dari berbagai sumber yang terkait dengan topik penulisan ilmiah dan dijadikan bahan acuan dalam membahas masalah – masalah yang ada meliputi
BAB III : TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN
Dalam bab ini menjelaskan tentang sejarah singkat perusahaan, strukur organisasi dan kegiatan usaha, serta kegiatan operasional Rumah sakit Hasanah Graha Afiah (HGA)
BAB IV : PEMBAHASAN
Bab ini menguraikan bagaimana sisitem informasi akuntansi penerimaan kas dari pasien rawat inap Rumah sakit Hasanah Graha Afiah (HGA), serta perlakuan pencatatan akuntansinya.
BAB V : PENUTUP
Setelah membahas permasalahan yang ada, penulis mencoba untuk memberikan kesimpulan dari hasil analisa pembahasan dan saran- saran sebagai masukan dan bahan pertimbangan bagi perusahaan dan pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar